Penggunaan Baju Seragam Sekolah di Indonesia

Baju Seragam SekolahBaju Seragam Sekolah - Setiap negara mempunyai kebijakan sendiri-sendiri tentang penggunaan baju seragam sekolah bagi siswa. Dan Indonesia termasuk yang menerapkan peraturan tentang kewajiban mengenakan seragam sekolah secara konsisten. Sejak dulu kita mengenal seragam putih merah untuk siswa SD/ MI, seragam putih biru untuk siswa SMP/ MTs, dan seragam putih abu-abuh untuk siswa SMA/ SMK/ MA. Ada juga seragam pramuka. Ketentuan ini berlaku secara nasional.

Aturan Baju Seragam Sekolah

Lebih detailnya, baju seragam sekolah untuk setiap jenjang pendidikan tadi memiliki aturan khusus mengenai model dan bentuknya. Untuk seragam siswa SMP putra, celananya harus pendek di atas lutut dengan saku samping. Untuk siswa SMA putra, celana harus panjang dan bukan model celana pensil. Sedangkan untuk seragam SMP putri, model roknya harus lipit dua. Dan untuk siswa SMA putri, lipitnya hanya satu di tengah dan panjang rok harus dibawah lutut. Aturan detail tersebut biasanya dilakukan secara tegas di sekolah-sekolah negeri, terutama yang unggulan. Jika ada siswa yang melanggar akan dikenakan sanksi. Hal ini agar, citra sekolah tetap bagus dan siswanya terhindar dari pelecehan. Khusus untuk sekolah muslim, biasanya ketentuannya disesuaikan dengan ajaran Islam. Misalnya wajib mengenakan jilbab bagi perempuan. Dan bercelana panjang bagi siswa laki-laki, baik SD, SMP, maupun SMA. Usaha konveksi dan grosir baju seragam sekolah patut mengetahui aturan-aturan tersebut pula agar mereka bisa memproduksi dan menjual seragam-seragam yang mendukung kedisiplinan siswa. Produsen seragam sekolah juga sepatutnya tidak menaikkan harga seragam terlalu tinggi saat tahun ajaran baru agar para orang tua tetap bisa membelikan putra-putrinya sergam sekolah yang berkualitas. Pusat grosir seragam sekolah biasanya menjadi pilihan banyak orang tua karena hargaya lebih murah dan banyak pilihan.

Jenis Baju Seragam Sekolah

Selain baju seragam sekolah yang wajib seperti yang kami sebutkan di atas, ada juga seragam identitas sekolah. Seragam ini biasanya ditentukan sesuai dengan kebijakan sekolah, misalnya seragam batik, seragam kombinasi motif kotak-kotak, atau kemeja dan jas. Dan yang tidak boleh ketinggalan tentunya seragam olahraga. Itulah aturan dan jenis-jenis baju seragam sekolah yang ada di Indonesia.

 

This entry was posted in Informasi. Bookmark the permalink.

Comments are closed.